6 Museum di Jogja yang Populer ini, Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Mungkin di antara kalian saat ini belum tahu daftar populer museum di Jogja, yang wajib dikunjungi saat liburan. Seperti kita tahu museum adalah sebuah tempat menyimpan suatu hal peninggalan sejarah. Dimana didalamnya terdapat benda sejarah, Budaya dan sumber ilmu pengetahuan yang sangat penting bagi anak-anak masa depan.
Jogja Istimewa ini selain terkenal sebagai kota pendidikan, banyak wisata namun juga terkenal sebagai kota budaya. Maka dari itu, keberadaan museum di Yogyakarta memang tak sedikit dan tentunya terkenal. Karena secara umum kota ini dapat dijangkau dari daerah mana saja terutama sekitar pulau jawa.
Selain wisata alam , wisata sejarah dengan mengunjungi museum di Jogja adalah hal yang tepat. Karena selain menambah wawasan akan pengetahuan, anda juga bisa menikmati suasana apik di dalam museum. Mungkin di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki daftar lengkap berbagai museum. Diantara adalah Museum budaya, museum seni, museum senjata, museum batik dan masih banyak lagi. Nah berikut daftar museum di Jogja yang populer dan makin membuat liburanmu makin berkesan dan bermanfaat.

    1. Museum Sonobudoyo

    Museum Sonobudoyo Jogja
    Photo by @sin.prawesti
    Museum Sonobudoyo merupakan museum terlengkap kedua setelah Museum Nasional Republik Indonesia, yang menyimpan sejarah kebudayaan Jawa. Dimana, di museum ini menyimpan banyak sekali koleksi sejarah budaya Jawa dari jaman dahulu. Selain itu pengujung juga dapat menikmati seni pertujukan wayang kulit yang dipertotonkan lengkap dengan musik Jawa.

    2. Museum Monumen Jogja Kembali

    MONJALI
    Monumen Jogja Kembali atau sering kita dengar dengan kata Monjali, adalah museum sejarah kemerdekaan republik Indonesia khususnya di kota Jogja. Museum ini juga menjadi museum yang paling sering di kunjungi wisatawan, terutama pelajar dalam acara study tour ataupun darmawisata. Disini kita tentunya dapat menambah ilmu pengetahuan dalam sejarah bagaimana perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia. Oh iya Museum ini lengkap dengan replika, foto, dokumen dan berbagai jenis senjata kuno hingga modern.
    Lihat Harga Tiket dan Lokasi

    3. Museum Pusat TNI AU “Dirgantara Mandala”

    Dirgantara Mandala Jogja
    Museum Pusat TNI AU, mungkin anda tertarik dengan museum yang satu ini. Ya, Museum Dirgantara Mandala kebanyakan orang menyebutnya, sebuah museum di jogja yang menyimpan berbagai berbagai peralatan tempur, sejumlah foto tokoh tokoh sejarah, dan diorama sejarah Angkatan Udara Indonesia. Dan paling menariknya kita dapat menjumpai berbagai pesawat tempur yang berasal dari masa perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan.

    4. Museum Affandi

    Museum Affandi Jogja
    Museum Affandi merupakan sebuah museum seni yang berada di kota Yogyakarta, yang menyimpan berbagai macam lukisan Karya Affandi, seorang seniman terkenal kala itu. Berbeda dengan lainnya museum ini lebih banyak menyimpan berbagai benda milik Affandi seperti mobil, sepeda onthel dan banyak lagi. Cocok sekali bagi anda yang ingin menambah pengetahuan sebuah seni atau lukisan dari seoarang seniman Indonesia yang melegenda ini. Karena setiap karya seni di museum ini memiliki sebuah ciri khas dan karakteristik yang unik.
    Lihat Harga Tiket dan Lokasi

    5. Museum Batik Yogyakarta

    Museum Batik Yogyakarta
    Museum Batik Yogyakarta merupakan museum batik pertama di Jogja, yang di kelola oleh swasta. Di perkirakan sampai saat ini museum ini sudah menyimpan  1.200 koleksi batik, berbagai macam/jenis batik, hingga alat batik. Lokasi museum ini berada di Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Danurejan, sangat mudah di temukan dan dijangkau oleh kendaraan.
    Pada tahun 2000, museum ini memperoleh penghargaan dari MURI atas karya ‘Sulaman Terbesar’, batik berukuran 90 x 400 cm2. Kemudian pada tahun 2001, memperoleh penghargaan kembali dari MURI sebagai pemrakarsa berdirinya Museum Sulaman pertama di Indonesia. Keren bukan museum ini, cocok untuk anda kunjungi sembari  mengenal lebih dekat tentang Batik.

    6. Museum Benteng Vredeburg

    Museum Benteng Vredeburg Jogja
    Photo By rahmadanialifia
    Museum Benteng Vredeburg merupakan museum yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Bagunan ini dahulunya adalah sebuah benteng yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan Belada.
    Dan lambat laun di jadikan sebuah museum yang terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Beberapa koleksi patung dan beberapa peralatan digital juga mengisi museum benteng ini.

    Posting Komentar

    0 Komentar