REVIEW CUKA APEL BRAGG UNTUK WAJAH, BENERAN MENGHILANGKAN JERAWAT?

Beberapa waktu lalu, cuka apel atau apple cider vinegar merk BRAGG sempet trending di media sosial. Seperti biasa, nggak sedikit beauty blogger yang me-review cuka apel BRAGG sebagai  toner  sehari-sehari. Konon, manfaatnya bisa menghilangkan jerawat dan memperkecil pori-pori. Bahkan bikin wajah tambah cerah gitu. Beneran nggak sih?

Oke, di sini aku akan review pemakaian BRAGG - Apple Cider Vinegar sampe habis sebotol. Makanya, di postingan ini, botolnya udah kosong. Harap dimaklumin ya. Sebenarnya yang membeli cuka apel BRAGG ini adalah pacarku dan aku sering minta. Jadi, di review ini, pendapatnya berasal dari 2 orang. Hehe.

Packaging Cuka Apel BRAGG (Apple Cider Vinegar)
Tampilannya cukup klasik, kayak produk yang udah ada dari lama gitulah. Ada tulisan OrganicRaw - Unfiltered trus With The 'Mother'. Nah, buat kalian yang mau beli aku saranin beli yang ada tulisannya kayak gini.
Kemasan BRAGG Apple Cider Vinegar
Lalu, di bagian lainnya ada deskripsi produk. Katanya, cuka apel ini dibuat dari apel organik dan cocok buat bahan memasak seperti salad, veggies, dan lain-lainnya. Berarti, nanti cuka apel ini bisa sekalian buat masak. Jadi, beli ini nggak bakal mubazir kalau misalnya nggak cocok di kulit. 

Ingredients Cuka Apel BRAGG (Apple Cider Vinegar)
Ingredients Apple Cider Vinegar
Di kemasan botolnya, ada juga nutrition facts dan ingredients. Bisa kita lihat, ingredientsnya yaitu Certified Organic, Raw Apple Cider Vinegar and Purified Water, Diluted to 5% accidity. Lalu ada juga catatan khusus yang artinya cuka apel ini nggak perlu ditaruh di kulkas. Cuma perlu dikocok sebelum dipakai.

Cara Memakai Cuka Apel BRAGG (Apple Cider Vinegar) sebagai Skincare
Nah, untuk pemakaiannya sebagai toner sangat mudah. Yang dibutuhkan adalah air dan wadah / botol kosong buat tempat ramuannya nanti. Masukkan beberapa sendok cuka apel dan air ke dalam wadah tadi dengan perbandingan 1:3. Misalnya, kalau cuka apelnya 1 sendok, berarti airnya ada 3 sendok. Begitu.

Soalnya kalau nggak dikasih air nanti bakal asem banget baunya dan malah bisa bikin mata perih walopun cuma diolesin di wajah dan nggak kena ke mata. 

Cara pengaplikasiannya cukup pake kapas, tuang beberapa tetes atau semprot ke kapas. Lalu, usapin ke wajah kayak lagi bersihin pake toner.

Efek Pemakaian dan Manfaat Cuka Apel BRAGG (Apple Cider Vinegar) untuk Wajah
Kalau dari aku sendiri, waktu make cuka apel BRAGG ini jerawat jadi jarang muncul. Tapi kadang kalau ada jerawat kecil trus kena ramuan cuka apel tadi, malah jerawatnya makin menjadi-jadi. Produk ini menurutku lebih efektif dipakai saat nggak ada jerawat di wajah. Jadi, nggak akan pakai saat wajah lagi berjerawat parah.

Sementara itu, kalo pacarku yang pakai katanya cocok. Nggak bikin jerawat dan aku lihat wajahnya sendiri keliatan bersih. Komedo pun nggak keliatan. Dan menurutku, wajahnya jadi lebih cerah. Nggak tahu ya, ini beneran pengaruh cuka apelnya atau nggak. Bisa jadi iya.

Harga Cuka Apel BRAGG (Apple Cider Vinegar)
Untuk yang isinya 473 ml harganya sekitar Rp. 117.000 bahkan bisa lebih murah lagi. Kamu bisa dapetin dengan mudah di marketplace kayak Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lain-lainnya. Harap berhati-hati jika membeli secara online. Cek dulu apakah produknya original atau palsu. 

Kesimpulan
Menurutku, manfaat produk ini sebagai skin care atau perawatan wajah nggak 'wah' banget sih. Buat aku sendiri, kurang gitu bisa ngilangin jerawat malah kadang jerawatnya tambah meradang. Tapi, bagi yang kulitnya cocok kayak pacarku malah bagus, jerawat jadi jarang muncul, dan kulit tambah cerah. 

Rating
3/5

Repurchase?
Kalo aku sih nope, tapi mungkin iya buat pacarku.

Tiap orang memang mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Cuka apel BRAGG cocok buat kamu, belum tentu cocok buat aku. Begitulah. Tapi, produk ini nggak ada salahnya dicoba. Siapa tau beneran bisa ngilangin jerawat di wajahmu. 

Posting Komentar

0 Komentar